Selasa, 12 Juli 2011

Mendengarkan Efektif


Pada setiap komunikasi yang berjalan secara berhasil dan sesuai dengan rencana, karena dipengaruhi oleh dua faktor yaitu pembicara dan pendengar. Keduanya memiliki peran masing-masing sehingga terjadi komunikasi efektif. Dapat dikatakan efektif apabila komunikasi yang dilakukan mempunyai sama pengertian. Maksudnya ketika seorang pembicara mengatakan ”A” demikian pula mengenai pendengar menangkap informasi berupa ”A”. Sebaliknya, komunikasi dikatakan tidak efektif apabila pembicara mengatakan ”A”, tetapi yang didengarkan oleh pendengar yaitu ”B”. Oleh karena itu, dalam mendengarkan merupakan bagian yang tak kalah pentingnya dengan berbicara efektif dalam setiap presentasi.
Pada setiap presentasi bagi seorang pendengar bukan hanya duduk yang sopan dan pandangan mata ke arah pembicara serta menganggukan kepala. Tetapi lebih dari itu, pendengar dan pembicara memainkan peranan penting dalam proses mendengarkan. Pembicara menyampaikan pendapatnya dan pendengar dapat melakukan feed back berupa tanggapan sehingga informasi yang disampaikan dapat diterima dan dipahami oleh pendengar.
Bukan hanya bagi pendengar untuk mengetahui pelajaran ini, seorang pembicara juga harus mengetahui cara mendengarkan yang efektif ketika presentasi berlangsung. Misalnya ketika seseorang bertanya kepada pembicara mengenai informasi yang disampaikan, kemudian pembicara harus menjawabnya secara jelas. Tanpa menggunakan teknik pendengaran yang efektif, seorang pembicara tidak akan mungkin menjawab dengan jelas atau menjawabnya menyimpang dari pertanyaan yang dilontarkan, atau bahkan pembicara meminta pendengar untuk mengulang kembali pertanyaan-pertanyaan yang dilemparkan. Untuk itu, perlu dipahami bagaimana cara seseorang mendengarkan pembicaraan dengan efektif.
Proses Mendengarkan Efektif
Seseorang dalam mendengarkan informasi secara efektif memiliki prosesnya, yaitu mendengarkan, pemahaman, mengingat, penafsiran dan mengevaluasi.
1. Mendengarkan
Mendengarkan melibatkan pemrosesan suara di dalam setiap otak manusia. Ada beberapa cara mendengarkan, yaitu:
  • Menangkap, dapat mengenal dan mengetahui maksud yang terucapkan lewat nada, raut wajah, gerak dan lain-lain.
  • Memperhatikan, memusatkan perhatian penuh terhadap informasi yang disampaikan oleh pihak pembicara.
2. Pemahaman
Pemahaman merupakan proses penerimaan arti kata-kata yang disampaikan sehingga dapat sesuai dengan kata-kaa yang keluar dari pihak pembicara. Dengan kata lain topik pembicaraan yang disampaikan, disusun dan diulang kembali sehingga informasi yang disampaikan dapat lebih memahaminya.
3. Mengingat
Setelah memahami informasi yang telah disampaikan, kemudian melakukan pengujian kemampuan berapa besar informasi tersebut dapat disimpan dan dicatat ke dalam suatu memori. Agar informasi dapat disimpan dalam jangka waktu lama, pendengar perlu melakukan konsentrasi penuh terhadap pesan yang dibicarakan. Hal ini bertujuan bahwa apabila sewaktu informasi dibutuhkan kembali, dapat digunakan sesuai apa yang telah didengarkan dan meminimalisir kesalahpahaman.
4. Menafsirkan
Penafsiran merupakan proses memahami pesan yang disampaikan sesuai dengan ide, harapan dan pengalaman pribadi. Maksudnya Informasi/pesan yang disampaikan dihubungankan dengan informasi/pesan yang telah kita dengar, baca/lihat sebelumnya dari beberapa sumber. Sumbernya misalkan dari televisi, pengalaman pribadi, perbincangan, radio dan lain-lain.
5. Mengevaluasi
Setelah melakukan penafsiran, kemudian langkah selanjutnya mengevaluasi mengenai pesan yang disampaikan. Dengan kecakapan berpikir pendengar menilai yang diungkapkan oleh pembicara, membedakan fakta dan opini, serta mengevaluasi bukti yang dikemukakan pembicara. Apabila pembicaraan tidak sesuai dengan penafsiran pendengar, hal ini akan menimbulkan tanggapan kepada pembicara.
Penelitian menunjukkan bahwa setiap manusia menghabiskan waktunya untuk bekerja dengan mendengarkan sekitar 50%. Nilai ini sama besarnya dengan nilai gabungan waktu yang dihabiskan untuk membaca, menulis dan berbicara. Dengan demikian agar proses mendengarkan informasi dilakukan secara efektif, maka kita perlu menggunakan teknik sesuai dengan langkah-langkahnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Pengikut